Saturday, December 1, 2012

Daftar Calon Penerima Sumbangan


Kami telah melakukan survey untuk beberapa panti asuhan / panti jompo di sekitar kota Bandung. Dari panti - panti sosial yang kami survey kami telah menyeleksi beberapa panti yang benar - benar membutuhkan sumbangan yang telah kami kumpulkan. Bagi anda yang ingin menyalurkan sumbangan langsung, dapat langsung mengubungi panti - panti di bawah ini.


1. Panti Asuhan Yayasan Cahaya Kasih
 
Alamat : Jl. Karya mukti 132 Rt 01 Rw 09 , kel. babakan, kec. babakan ciparay
Telepon : (022) 6041169, 76082301, 081 3342 80873
Pimpinan : Suster Ambrosia MSA
Berdiri tahun 2008
Range umur : 1- 16 tahun
jumlah anak asuh : 26 anak terdiri dari 14 anak perempuan, 12 anak laki-laki

Panti asuhan ini berjalan dibawah pimpinan Suster Ambrosia, terdapat 3 org pengurus lain yang ikut membantu di panti asuhan ini. Anak-anak dibesarkan dgn nilai agama katolik dimana anak-anak dibiasakan untuk membaca Alkitab sejak dini sehingga penanaman nilai agama lebih diutamakan.


Biaya kebutuhan sehari- hari  panti ini bergantung dari donatur yang memberikan sumbangan. Selain itu suster pengurus panti asuhan juga mengajarkan cara-cara bercocok tanam kepada anak- anak asuhnya, dimana hasil bercocok tanam ini juga digunakan untuk membiayai kebutuhan sehari - hari anak - anak asuh panti asuhan tersebut.

Kami tidak dapat memberikan dokumentasi foto untuk panti asuhan ini, karena ada aturan ketat mengenai dokumentasi disini.




2.  Pelayanan Ruth

Pelayanan Ruth adalah kegiatan sosial anti aborsi yang menyediakan pelayanan seperti support, konseling, rumah tinggal, dan bantuan biaya persalinan untuk ibu hamil.


Kebanyakan dari mereka yang mencari pertolongan ke Pelayanan Ruth adalah wanita yang kehamilannya di luar nikah dan tidak mendapatkan dukungan dari keluarganya. Disini Pelayanan Ruth berperan sebagai keluarga pengganti bagi sang ibu selama dan sesudah persalinan. Anak - anak yang terlahir disini kemudian diasuh oleh Pelayanan Ruth selama ibu mereka belum dapat mandiri.

Bagi anda yang tergerak untuk membantu, anda dapat membantu dengan cara :  
- Dukungan doa  
- Sukarelawan yang terbeban untuk merangkul mereka dan melayani dalam pelayanan ini
- Donatur untuk menunjang kebutuhan harian maupun biaya persalinan terutama bagi mereka yang tidak memiliki dana

Barang - barang yang dibutuhkan yayasan ini adalah :
1. Pampers ukuran M dan L 
2. susu Lactogen 1
3. Susu ibu hamil dan menyusui
4. Tissue basah bayi
5. Minyak kayu putih
6. Dana untuk melahirkan 

Jadwal mengunjungi di Pelayanan Ruth adalah hari Senin, Rabu, Kamis dan Sabtu (dengan melakukan janji dulu sebelumnya)


 Silahkan menghubungi pengurus Pelayanan Ruth untuk keterangan lebih lanjut

  Contact person :
  Devi Sumarno
  Jln. Sulanjana no. 7
  Bandung 
  022-91656383 / 081931453993
  Rekening BCA 1573025150  a/n Yayas. Rumah Tumbuh Harapan
 Berikut ini adalah beberapa foto anak - anak asuh beserta pengurus Pelayanan Ruth :
   
 

















 3.Panti Asuhan Rumah Kasih
  
Alamat : Jln. Raya Lembang No.
Telepon : 0815138603
Pimpinan Panti : Ibu Een
Berdiri sejak 2008
Range umur : 7 bulan - tamat SMA
Jumlah anak asuh : 24 orang (laki-laki dan perempuan)
Sumbangan yang dibutuhkan : uang dan seragam

 Panti ini berjalan dibawah pimpinan ibu Een dibantu dengan 3 orang pengurus termasuk juru masak.
Hampir semua anak yang terdapat di panti ini merupakan anak - anak yang dibuang oleh keluarganya baik karena hasil hubungan nikah maupun anak yang tidak diharapkan. Orang tua kandung anak - anak di panti ini meninggalkan anaknya di panti  tanpa membiayai, menjenguk bahkan ada beberapa yang sengaja memberikan alamat rumah palsu dengan tujuan agar tidak dapat dihubungi pihak panti.
Ada juga anak asuh yang merupakan korban bencana alam yang terpisah dari keluarganya sejak bayi dan sekarang sudah berusia 4 tahun.

Semua anak asuh di panti ini hanya dapat disekolahkan sampai tingkat SMP. Sampai sekarang belum ada anak asuh yang mempunyai pekerjaan tetap (masih menganggur setelah lulus sekolah) 

Untuk membiayai kebutuhan panti sehari - hari ibu Een bekerja dengan cara menjual produk - produk MLM seperti kopi bubuk atau vitamin, selain juga bergantung pada uluran tangan donatur yang sifatnya tidak tetap.
 Juga setiap hari Minggu beberapa anak yang sudah cukup umur membantu dengan berjualan di pasar bludak yang letaknya tidak jauh dari panti asuhan Rumah Kasih ini.

Rumah yang digunakan sebagai panti asuhan adalah rumah yang kontrakan, dan masa kontrak akan segera berakhir, karena itu pihak pimpinan panti mengutarakan keinginannya atas bantuan rumah (pinjaman atau pemberian) untuk digunakan sebagai rumah bagi penghuni panti asuhan.

Berikut ini adalah dokumentasi  panti asuhan Rumah Kasih 










4. Panti Werdha Karitas

Alamat :
Jalan Ibu Sangki, Gg. H. Enur No. 77 RT 04/06
Kelurahan Cibeber
Cimahi - 40531
Telepon/fax : 022 - 6672305

Pengurus Panti : Bpk. Yoga
Jumlah Opa dan Oma : 38 orang terdiri dari 8 orang opa dan 30 orang oma
Lamanya berdiri : sejak tahun 2001
Jumlah pengurus 22 orang
Barang yang dibutuhkan : popok sekali pakai untuk dewasa, sembako, pakaian, dan dana untuk menjalankan panti

Panti werdha ini sudah berjalan selama 32 tahun, saat ini di bawah kepengurusan Bp. Yoga terdapat 38 orang lansia. Kebanyakan ma dan opa yang tinggal di panti ini dikarenakan tidak ada yang bisa mengurus oma dan opa karena faktor kesibukan keluarganya

Selain faktor kesibukan terdapat faktor faktor lain yang menyebabkan oma dan opa ini berada disini, seperti tidak adanya keluarga lagi, korban kekerasan dalam rumah tangga, ditemukan di jalan dan tidak terurus, tidak mempunyai tempat tinggal dan lain2.

Kegiatan oma dan opa di panti ini selain adanya renungan harian juga diadakan doa rosario seminggu 2 kali.

Sedikit cerita dari oma dan opa yang berada disini
- Ada oma yang sangat rindu akan keluarganya, nekad melarikan diri dengan naik kendaraan umum untuk pulang ke tempat dimana keluarganya berada, dan biasanya dipulangkan kembali oleh pihak keluarga ke tangan pengurus panti.
- Seorang wanita berusia 57 tahun yang mengalami penderitaan dalam keluarganya dimana suaminya sering melakukan KDRT terhadap istrinya. Hal ini membuat wanita tersebut stress dan mengalami tekanan batin sehingga mengalami stroke. Sekarang setiap hari hanya berbaring di ranjang dan menangis. Suaminya melarikan diri dan tidak diketahui dimana keberadaannya. Wanita ini masih mendapatkan perhatian dari anaknya yang datang berkunjung sesekali.
- Seorang opa yang dimasukan ke panti ini oleh keluarganya tidak pernah dikunjungi sama sekali. Suatu hari opa terserang stroke, pihak panti memberi kabar kepada keluarganya bahwa opa terserang stroke. Pihak keluarga hanya menerima informasi tersebut dan bahkan tidak datang untuk melihat opa untuk terakhir kali. Sampai sekarangpun lama setelah opa tersebut meninggal tidak ada satupun pihak keluarganya yang pernah datang.
- Ada seorang oma, namanya oma Tanti, oma Tanti tidak pernah menikah, oma Tanti seumur hidupnya mendedikasikan dirinya berbakti kepada masyarakat. Pada masa mudanya oma Tanti adalah seorang guru, sampai kemudian dia menderita bronkhitis dan diberhentikan oleh pihak sekolah. Kemudian oma tanti bekerja di panti asuhan dan panti - panti sosial sampai kemudian sesudah umurnya terlalu tua untuk penjadi pengurus panti, oma Tanti sendiri kemudian memutuskan untuk menjadi penghuni panti Wredha Karitas ini. Di panti ini, oma Tanti yang sudah berumur 75 tahun, tetap rajin berkarya menghabiskan waktunya sehari - hari untuk menghasilkan sesuatu yang berguna, sewaktu kami berkunjung kesana, terlihat oma Tanti sedang asik menjahit kain - kain sisa untuk dijadikan taplak meja.

Sebagian oma - oma di panti tersebut mahir dalam menjahit dan merajut sehingga mereka mengisi waktu luang mereka dengan menjahit / merajut baju boneka, syal, dan lain lain. Bagi anda yang berminat membeli, hasil karya mereka juga dapat anda dibeli dengan harga yang cukup murah menurut kami.


Demikianlah cerita sebagian oma opa yang sedang dan pernah menghuni panti tersebut.

Bagi anda yang berminat berbagi dengan para oma opa disini, anda dapat langsung mendatangi panti werdha Karitas ini, karena selain daripada materi, mereka sangat menghargai waktu yang anda luangkan untuk menemui mereka, mengajak mereka berbincang - bincang, mendengarkan cerita tentang masa lalu mereka, kunjungan tamu untuk mereka seperti obat penawar luka karena jarang dikunjungi oleh keluarga mereka.

Berikut ini adalah dokumentasi dari Panti Werdha Karitas






















No comments:

Post a Comment